LIP

Bijak Konsumsi Vitamin D Di Masa Pandemi Covid

Maka, jika kamu lebih suka mengonsumsi pill, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Paparan sinar matahari ke wajah, kaki, lengan, atau punggung beberapa kali seminggu dapat memberikan vitamin D yang cukup bagi tubuh. “Jika kamu Tembak Ikan Terpercaya mendapatkan cukup vitamin D dari makanan dan sinar matahari, suplemen vitamin D sepertinya tidak memberikan manfaat tambahan,” lanjutnya. Menurut peneliti di Universitas Yale, tubuh juga memproduksi vitamin D sendiri saat terkena sinar matahari.

Vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium sehingga pertumbuhan dan perkembangan tulang dapat maksimal. Setelah masa kanak-kanak, kekurangan vitamin D3 yang parah pada wanita muda termasuk yang sedang hamil dapat memberikan risiko yang tinggi seiring bertambahnya usia. Jika wanita kekurangan vitamin D3 pada masa kehamilan, maka hal ini akan berdampak pada kesehatan tulang janin. Risiko timbulnya rakhitis akan meningkat secara signifikan ketika total 25D menurun menjadi di bawah 10ng/mL atau 25 nmol/L. Maka dari itu, pentingnya vitamin D3 pada wanita muda terutama pada masa kehamilan untuk menjaga kesehatan tulang janin.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pada tulang & otot serta membuat tubuh lebih rentan terkena infeksi. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D sangat baik untuk memenuhi kebutuhan harian. Namun jangan lupa, berjemur di bawah sinar matahari saat pagi juga merupakan cara efektif agar tubuh memproduksi sendiri vitamin D. Dengan demikian kesehatan tulang akan terjaga dan kondisi tubuh secara umum juga lebih match dan segar.

Fungsi dari vitamin D

Namun meskipun baik untuk tubuh, tetap harus dibatasi karena berjemur secara berlebihan dapat menimbulkan risiko lain yang cukup berbahaya. Akan tetapi, penelitian tersebut tidak menemukan hubungan antara rendahnya kadar vitamin D dengan keparahan kasus COVID-19. Manfaat vitamin D dianggap memainkan peran yang penting dalam mengatur suasana hati dan mengurangi depresi. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat ini.

Meskipun tingkat ini lebih ekstrim daripada yang biasanya diamati pada orang, tingkat ini masih dalam kisaran yang diakui secara klinis. Sampel jaringan dan darah dikumpulkan setiap bulan untuk mengukur konsentrasi vitamin D dan kalsium dan untuk menilai penanda fungsi dan jumlah mitokondria otot. Setelah 3 bulan kekurangan vitamin D akibat food plan, fungsi mitokondria otot rangka ditemukan terganggu hingga 37%. Ini bukan karena penurunan jumlah mitokondria atau penurunan massa otot.

Selain itu, vitamin ini juga menarik kalsium dari matriks tulang apabila tubuh kekurangan kalsium dan tidak ada sumber kalsium dari luar . Vitamin D merupakan nutrien yang bekerja bersama kalsium untuk membantu membangun tulang dan menjaganya agar tetap kokoh atau kuat. Tak hanya itu, vitamin ini juga berperan dalam mencegah beberapa kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan penipisan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang berfungsi membangun tulang yang kuat.