Mau Penghasilan Tambahan? Inilah 7 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Salah satu cara untuk menambah penghasilan yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki penghasilan pasif. Hanya saja, untuk memperoleh dan mempertahankan sumber penghasilan pasif harus menamakan modal terlebih dahulu. Tetapi, ada juga beberapa sumber pendapatan pasif yang bisa dihasilkan dengan kekreatifitas, seperti menciptakan sesuatu yang unik.

Di era gig economy ini tampaknya sudah tersedia aplikasi untuk hampir segala kebutuhan, bahkan untuk mencari pekerjaan. Daftarkan diri ke perusahaan layanan pesan-antar makanan atau minuman seperti Uber Eats atau Foodora untuk cari uang tambahan di waktu luang. Anda bisa dapatkan uang dari internet dengan menjadi presenter webinar yang diselenggarakan suatu perusahaan. Beberapa tahun terakhir, kursus on-line menjadi makin populer dengan adanya platform seperti TutorMe, iTalki, Preply, dan banyak lagi.

Kita juga bisa mempromosikan jasa melalui media sosial pribadi maupun laman khusus. Berikut cara-cara yang bisa diterapkan untuk mendapatkan uang tambahan dalam waktu relatif singkat. Ketika berpikir seperti itu, maka kita bisa melakukan segala daya untuk mendapat uang tambahan. Ingat, cara ini berlaku hanya untuk uang tambahan, bukan sumber pendapatan utama. Wah cocok ini banget ini idenya buat ibu rumah tangga seperti saya biar tetap bisa berpenghasilan walau dirumah aja.

Ide untuk mendapatkan uang tambahan

Buat konten yang menarik, lucu, informatif, edukatif, dan bisa relate ke banyak orang. Ini saat yang tepat buat jadi keator konten, soalnya sekarang saat PSBB ini orang lebih banyak mengakses medsos sebagai pelarian kebosanan. Ada banyak situs untuk para freelance kok sekarang ini, di mana kamu bisa berhubungan langsung dengan klien dan dibayar langsung untuk mengerjakan pekerjaan yang diminta klien. Biasanya sih pekerjaannya seputar menulis artikel, edit video, mengatur media sosial, dan sebagainya.

Kamu mendaftarkan diri ke Exabytes untuk ikut menjadi pemasar produk untuk menjual produk Exabytes ke orang lain. Kamu akan mendapatkan 40% untuk setiap produk yang berhasil kamu jual. Tapi hitung-hitung juga isi riset kamu tentang perusahaan-perusahaan yang sedang mencari supply baru dari pola pengguna bebas. Jadi koresponden di media seperti YouGOV cukup menyenangkan.

Tak ada salahnya Anda mencoba bisnis yang telah dilakoni oleh Wita Purbaningsih. Dia membuka bisnis ini karena mengingat sibuknya dia menjalankan aktivitas pagi sebelum berangkat kantor yakni harus memasak terlebih dahulu. Bisnis tersebut sudah lama dijalani oleh Throw.com dengan menjalani bisnis yang diberi nama Leftover Sock. Bisnis ini sengaja dibuat karena sering mendengar keluhan kehilangan kaos kaki di tempat laundry, tempat umum bahkan rumah sendiri. Sehingga jika kehilangan satu kaos kaki kita masih punya yang sebelahnya lagi.

Kamu tinggal racik saja sesuai resep-resep, dan kemas dengan cantik. Beberapa hari yang lalu, saya juga jadi berlangganan salah satu jasa penyedia meal prep. Dia menyediakan beberapa pack yang isinya bahan masakan yang tinggal olah. Mulai dari steak, cordon bleu, salad udang, sampai masakan Indonesia punya, mulai dari sayur asem sampai pecel Madiun. Bahan-bahannya dikemas jadi satu, beserta bumbunya, dan di-pack dengan cantik dalam wadah plastik yang bisa dipakai ulang.

Patok harga yang masuk akal supaya layanan yang kamu tawarkan dilirik oleh orang lain. Memiliki uang sendiri dari usaha mandiri rasanya jauh lebih membahagiakan daripada menggunakan uang orang tua. Itulah mengapa banyak mahasiswa yang berpikir untuk mencari uang saku ekstra di samping aktif kuliah atau berorganisasi.