LIP

Waktu Yang Tepat Untuk Mendapat Manfaat Sinar Matahari

“Sinar matahari yang dibutuhkan oleh tubuh itu kan mengandung sinar ultraviolet B , sebab sinar UVB ini bisa meregulasi dan mem-booster sistem imun dalam tubuh. Sebenarnya intensitas sinar UVB ini bisa didapatkan dari pukul eleven hingga 1 siang. Menurut dr. Indah Widyasari, SpKK, dokter kulit yang bekerja di klinik Bamed Skin Care Menteng, Jakarta, waktu best yang disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari adalah sekitar pukul 10.

Salah satu manfaat sinar matahari bagi tubuh dapat membantu kita menurunkan berat badan. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa jika kita cukup tidur, maka kita akan lebih mudah menurunkan berat badan. Stress dan depresi merupakan salah satu hal yang saling berkaitan. Jika pikiran dan psychological Anda mengalami stress maka sangat mungkin bagi Anda untuk terserang depresi. Turunkan tingkat stress Anda dengan berjemur ataupun melakukan olahraga fisik di bawah terpaan sinar matahari pagi.

Vitamin D sendiri adalah jenis vitamin yang banyak orang tak dapatkan secara cukup. Perbanyak asupan air putih apabila Anda ingin menghabiskan waktu yang cukup lama di bawah sinar matahari agar terhindar dari dehidrasi. Saat berjemur di bawah sinar matahari, Anda tidak perlu hanya berdiam diri. Lakukanlah aktivitas lain, seperti jalan santai, duduk sambil bermain ponsel atau membaca buku di area KKG628 Slot terbuka, menyiram bunga, berkebun. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika berjemur di bawah sinar matahari yaitu tetap memakai tabir surya. Simak penjelasan lengkap seputar waktu matahari pagi dan sore, sehingga Anda bisa memutuskan kapan waktu yang paling tepat untuk berjemur.

Elektrolit adalah mineral yang digunakan oleh tubuh untuk mengontrol otot, kimia darah, dan proses organ. Elektrolit ini ditemukan dalam darah, urin, dan cairan lain di dalam tubuh. Terlalu banyak mengeluarkan cairan tubuh seperti keringat dapat menyebabkan dehidrasi.

Selain itu, dr Andhika juga mengingatkan bahwa berjemur bukan satu-satunya cara mendapatkan asupanvitamin D. Pandemi Covid-19 bisa menjadi kesempatan yang baik untuk membangun keluarga sehat/ Caranya dengan menghindari stres, mengonsumsi makanan sehat dan tetap aktif. Berikut adalah tujuh inspirasi nama bayi perempuan Islami yang bermakna taat beragama. Ini terutamanya sangat penting untuk kamu yang mengalami tekanan darah tinggi.

Maka dari itu, Anda tidak disarankan berjemur lama-lama pada waktu tersebut, atau sebaiknya kurang lebih hanya cukup selama 5 menit. Berjemur di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Di masa wabah corona Covid-19 ini, setiap orang disarankan untuk lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Meski begitu, bukan berarti di waktu isolasi atau karantina diri ini tidak melakukan aktivitas apapun. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, bahkan memberikan nilai kesehatan.

Jangan lupa untuk memantau kondisi kesehatanmu secara rutin ya, Gengs! Melalui buku kesehatan, Kamu dapat menghitung kalori harian, cek IMT, masa subur wanita, hingga prediksi kelahiran si Bayi. Hal ini jelas akan mengubah pola hidup serta berdampak pada fisik maupun psikis penderita tuberkulosis. Selain disarankan untuk berjemur dalam waktu menit, dr. Indah juga menyarankan kita untuk melakukan aktivitas ini secara rutin, yaitu dalam seminggu tiga kali. Nah, kini kita tahu kapan waktu terbaik untuk berjemur yang sebenarnya. Mulai sekarang, coba lakukan terapi dengan berjemur setiap pagi, ya.

Berjemur di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga kita akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Ketika sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin, suatu hormon yang menimbulkan rasa kantuk dan membantu tidur. Intinya, sinar matahari yang terbaik dimanfaatkan untuk memperoleh vitamin D yaitu mulai dari pukul 10 pagi hingga 3 sore.

Berjemur matahari paling baik jam 10 pagi - 2 siang

Matahari merupakan sumber penghasil vitamin D yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan fungsi otak. Vitamin D tersebut akan membuat otak bisa meningkatkan perkembangan sel pada hipokampus yang berada pada otak Anda. Hipokampus yang sehat akan menjadikan kemampuan otak Anda menjadi lebih meningkat dan memberikan kemampuan untuk mengingat yang lebih baik lagi. Dilansir dari Lifehack, Matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor pada tubuh. Kalsium dan fosfor yang berhasil diserap akan menjadikan tulang di tubuh menguat dan pertumbuhan fisik akan bisa terjadi dengan baik. Temperatur tubuh mencapai titik tertinggi pada siang hari, sebelum mulai turun lagi di malam hari, menandakan ke otak bahwa sudah waktunya untuk mulai tertidur.

Sethuraman, dokter kulit senior di Department of Dermatology, All India Institute of Medical Sciences , pada Times of India. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Meski demikian, pada rentang jam tersebut, risiko kulit terbakar matahari pun dapat meningkat karena paparan sinar matahari cukup menyengat.