LIP

Bijak Konsumsi Vitamin D Di Masa Pandemi Covid

Kekurangan vitamin D bisa memberikan dampak negatif janin sehingga tidak tumbuh secara maksimal. Lalu apa saja manfaat vitamin D untuk kehamilan dan apa dampaknya jika bumil kekurangan vitamin D? Memiliki kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuh akan menimbulkan risiko gangguan kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke. Berdasarkan laporan dalam jurnal International Orthopaedics tahun 2019, vitamin D dapat membantu mengurangi patah tulang dan meningkatkan kekuatan otot. Selain itu, pola makan tinggi akan vitamin D3 mungkin cocok untuk mencapai massa tulang puncak yang lebih tinggi pada masa dewasa dan dengan demikian bisa mencegah osteoporosis. PIKIRAN RAKYAT – Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan dan berfungsi untuk menjaga kesehatan otot, jantung, paru-paru dan otak.

Mengapa penting untuk mengkonsumsi vitamin D

Selalu menjaga tercukupinya asupan akan vitamin D, memang telah terbukti dapat mengurangi risiko tertular flu, pilek, dan infeksi pernapasan lainnya. Ini karena vitamin D dapat membantu dalam mengatur ribuan ekspresi gen dalam tubuh yang dapat menyalakan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang penting untuk kesehatan Slot Game Online tulang. Selain itu vitamin D juga menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam darah, juga mencegah pengeroposan tulang. Defisiensi nutrisi vitamin D paling baik diatasi dengan kolekalsiferol atau ergokalsiferol. Suplementasi vitamin D biasanya diberikan sebagai kombinasi dengan suplemen kalsium pada hipokalsemia yang menetap pada neonatus dan pada penyakit ginjal kronis.

Julukan ini berasal dari sifat vitamin yang bisa dihasilkan tubuh secara alami saat terkena sinar matahari. Tak perlu menunggu menopause, sejak dini Anda dapat mulai ‘menabung’ simpanan vitamin D dan kalsium dalam tubuh. Caranya tentu dengan mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium. ASI memberikan manfaat ganda untuk bayi, tetapi bukan sumber yang baik untuk vitamin D. Dosis maksimum vitamin D perhari adalah 1.000 IU untuk bayi 0-6 bulan dan 1.500 IU untuk bayi 6-12 bulan.

Di dalamnya tercakup ergokalsiferol kolekalsiferol , dihidrotakisterol, alfakalsidol (1 alfa-hidroksi-kolekalsiferol) dan kalsitriol (1,25- dihidroksikolekalkiferol). Dokter Nadia memberikan edukasi terkait dengan jam berjemur yang efektif. Beberapa penyakit dapat menyebabkan usus kita tidak dapat menyerap vitamin D dengan maksimal. Namun apabila jumlah vitamin D di dalam tubuh sangat sedikit, seseorang dapat mengalami berbagai masalah serius yang berujung fatal. Namun, mengonsumsi lebih dari four.000 IU mungkin tidak memberikan manfaat tambahan. Setelah mengetahui dosis vitamin D3 yang tepat dikonsumsi per harinya, sebaiknya diikuti ya Moms.

Meskipun banyak gejala kelebihan vitamin D dikaitkan dengan kadar kalsium darah tinggi, beberapa peneliti mengungkap bahwa dosis tinggi juga dapat menyebabkan rendahnya kadar vitamin K2 dalam darah. Dilansir dari Health Line, vitamin D telah terbukti bisa membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang dimakan. Kita bisa saja mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium dan fosfor. Bahkan sebelum istilah vitamin digunakan, sudah ada penelitian kalau sinar matahari bermanfaat untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Saat kulit kita terkena sinar matahari pagi, kulit kita akan memproduksi vitamin D.

Peran vitamin dan mineral seperti vitamin C, D, E dan Zink menjadi penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang ampuh, terutama membantu sel-sel tubuh dalam memerangi infeksi dan menjaga imunitas. Banyak efek samping dari terlalu banyak mengasup vitamin D terkait dengan kelebihan kalsium dalam darah.

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Sebelum mengonsumsinya, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter gizi untuk mendapat arahan dosis yang tepat. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi kedua efek tersebut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika vitamin D sangat penting untuk menangkal penyakit tulang, seperti rakitis, osteomalacia, dan osteoporosis. Bahkan, penelitian mengatakan bahwa vitamin D dan kalsium merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan perannya. Sido Muncul melakukan inovasi dengan mengemas vitamin D3 dalam bentuk gentle capsule sehingga menjadikan Sido Muncul Vitamin D IU lebih cepat diserap tubuh.

DENPASAR, BALIPOST.com – Di masa pandemi Covid-19 ini, memang boleh dikatakan masa yang kurang best untuk merencanakan kehamilan. Karena pada wanita hamil, imunitas tubuh menjadi lebih rendah dibandingkan orang biasa, sehingga peluang terpapar Covid-19 lebih tinggi. Karena vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang, mendapatkan vitamin D yang cukup sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang.

Saat otot melemah, seseorang jadi lebih rentan terjatuh dan mengalami cacat.

Sedangkan lansia disarankan untuk mencukupi vitamin D harian sebanyak 20 mikrogram atau setara dengan 800 IU. Untuk menambah asupan vitamin D di dalam tubuhnya, para penderita gangguan ginjal disarankan untuk mencukupi vitamin D3 dari makanan atau suplemen. Penyakit ginjal tertentu, seperti gagal ginjal kronis, dapat membuat fungsi ginjal dalam menghasilkan vitamin D menjadi terganggu. Akibatnya, banyak pasien gagal ginjal yang mengalami kekurangan vitamin D. Menurut penelitian, kekurangan vitamin D, termasuk dalam jangka pendek, terbukti dapat meningkatkan tekanan darah. Manfaat vitamin D yang cukup very important lainnya yakni mendukung daya tahan tubuh.